Kamis, 15 Desember 2011

Menciptakan Karya Menggunakan Kamera Hp

Jika Foto adalah senjata Kita, Maka Kamera adalah Baju jirah kita.
   Haii guys kali ini gue mau bahas tentang foto yang bisa dihasilkan oleh kamera hape, tapi point penting yang harus ada ya hape pakai kamera tentunya (gubbrraakkk admin jatuh dari kursi ada xg sms bilang gak punya hape kamera) , hahaa oke oke ayo lanjut (kemana min?) (- -')

   Pertama adalah pengoperasian, yang perlu dilakukan adalah mengenali bagaimana cara kerja kamera ponsel dan mengoperasikannya.Kebanyakan kamera ponsel ini di jalankan dengan funsi otomatis (artinya bukan manual) udah tau yakk?? hahaa.  sehingga tidak akan membuat anda kesulitan dalam pengoperasiannya. Jangan lupa juga menggunakan best mode dan high pixel (artinya apa min?/buka google translate) atau mode yang terbaik sehingga bisa menghasilkan karya yang maksimal.

   Kedua adalah Visual Element atau unsur-unsur gambar, mempunyai maksud apa saja yang terlihat oleh lensa kamera pada tempat kejadian antara lain objek, lokasi, warna, cahaya, dll (lensa harus dalam keadaan bersih tanpa debu atau goresan)

   Ketiga, penuhi unsur-unsur yang di perlukan dan di gunakan dalam pengambilan gambar secara
baik dan benar yaitu; 1. Focus, adalah keadaan di mana objek yang diambil dalam keadaan paling tajam atau tidak blur, biasanya kamera pada ponsel ini di lengkapi kemampuan auto focus. (jangan gunakan zoom untuk memperbesar objek ya hasil gambar akan pecah dan menjadi tidak tajam). 2. Iris, adalah kondisi dimana objek yang kita gunakan memenuhi unsur penerangan secara alami, over exposure atau terlalu terang maupun sebaliknya under (terlalu gelap) bisa mempengaruhi hasil foto yang kita ambil. 3. Framing, atau komposisi gambar adalah pengaturan, penataan dan penempatan unsur-unsur gambar kedalam frame atau bingkai pada ponsel. Komposisi ini sangat erat kaitannya dengan rasa seni, perasaan atau ekspresi seseorang, komposisi juga harus memperhatikan factor keseimbangan, keindahan, ruang dan warna dari unsur-unsur gambar ( kamera hape juga punya ROT/Rule of third, kadang mata fotografer juga sering melanggar aturan ini dikarenakan perasaan dan expresi yang ia miliki untu disampaikan didalam foto yang ingin ia jepret (kaya komentator bola min?/ itu JEBRET!!!)). 4. Stabil, tentu saja berarti dalam pengambilan gambar tidak bergoyang-goyang, usahakan gunakan dua tangan atau bertumpu pada sesuatu misalkan meja,batu,pohon atau semacamnya agar kualitas foto yang dihasilkan tisak bergetar. 5. Durasi, lamanya suatu komposisi yang diambil, sebelum berpindah pada komposisi berikutnya ini juga bersangkutan dengan stabil.

   Keempat, penuhi unsur-unsur pengambilan gambar dengan prinsip 5W 1H
1. Where, atau di mana objek itu di ambil ini berarti tempat. 2. What, apa saja yang ada di sekitar objek, dan tentukan posisi objek agar telihat menarik. 3. Who/Why, siapa objek yang ada di dalam suatu foto tersebut, dan sesuaikan dengan backgroud di belakangnya (misal anak kecil makan es ditengah badai salju) (- -') (itu aneh min) hahahaaa 4. When, kondisi suatu waktu ketika suatu gambar diambil, para fotografer mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengambil sebuah foto yaitu waktu sholat Dhuha dan setelah sholat Ashar menjelang magrib, karena waktu tersebut cahaya matahari begitu lembut tidak seperti siang hari cahaya nya terlalu keras. 5. How, sebuah penegasan bagaimana dan apa motivasi tentang objek, ini disebut "Gambar sama dengan seribu kata" jadi harus pintar menceritakan maksud dari foto yang kita ambil.

   Kelima, penuhi standart pengambilan gambar dengan edit by camera
Edit by Camera, bagaimana membuat suatu rekaman dengan berdasarkan pengambilan gambar secara berurutan dengan memenuhi unsur kedua, ketiga dan keempat, sehingga tanpa melakukan non linier over exposure atau pengeditan menggunkan komputer, rekaman video yang di hasilkan sudah dapat bercerita. Murah belum tentu murahan, bila semua itu terpenuhi. saya saran kan untuk tidak menggunakan efek tertentu saat mngambil foto gunakan lah efel standar,, "SHOOT FIRST EFFECT LATER".

   Semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat bagi para fotografer pemula yang ingin mengekpresikan karyanya walau hanya dengan kamera HP,, Jangan takut untuk apa yang kita ingin kan OKE???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar